Controlled Atmosphere Storage (CAS)


Controlled Atmosphere Storage (CAS) adalah sebuah ruang penyimpanan terkondisi, yang mana bukan hanya suhu dan kelembabannya (RH) saja yang dikontrol namun juga konsentrasi unsur udara seperti Oksigen (O2), Korbondioksida (CO2) dan Nitrogen (N2). Ruangan ini (CAS) sangat cocok digunakan untuk komoditi kering dan juga komoditi segar seperti sayuran dan buah buahan.

Komoditi Kering

Biji bijian, kacang kacangan dan sebagainya disimpan di dalam CAS, terutama adalah untuk mengendalikan hama serangga. Sebagian besar hama serangga tidak dapat bertahan hidup tanpa oksigen atau dalam kondisi dimana kadar karbondioksida ditingkatkan. Perlakuan seperti ini pada biji bijian bisa berlangsung selama beberapa minggu pada temperatur dibawah 15 deg C.

Untuk bisa membasmi hama secara menyeluruh pada biji bijian kering ( kandungan air kurang dari 13%) dengan konsentrasi CO2 pada ruangan diatas 35% (V/V) pada suhu 25deg C biasanya membutuhkan waktu 15 hari. Kondisi diatas bisa didapatkan dengan cara memasukkan CO2 murni atau Nitrogen ke dalam ruangan.

Buah dan Sayuran

Metode ini paling sering digunakan untuk penyimpanan apel dan pir, dimana penggabungan antara tindakan mengatur komposisi udara dengan suhu yang rendah akan memperlambat penurunan kualitas dan memungkinkan penyimpanan dalam waktu yang lama.

Penyimpanan jangka panjang untuk sayuran dan buah buahan menuntut kondisi yang bisa menghambat proses pematangan dan penuaan, sehingga rasa dan kualitas bisa dipertahankan. Pematangan ditunda dengan cara mengurangi kandungan oksigen dan meningkatkan kandungan CO2 pada ruangan pendingin, sehingga pernapasan berkurang.

Di dalam CAS sayuran dan buah bisa disimpan selama 2 sampai 4 kali lebih lama dari biasanya dengan mempertahankan kualitas dan kesegarannya.

Hasil Penggunaan CAS

Varieties
Cold Storage
CAS
Apple
5-6 bulan
8-12 bulan
Korla Bergamot Pear
3 bulan
6-8 bulan
Navel Orange
3 bulan
6 bulan
Kiwi
2 bulan
6-8 bulan
Peach
3-4 minggu
6-8 minggu
Cherry
20-30 hari
60-80 hari
Blueberry
1-3 bulan
3-5 bulan
Castanea
3-5 bulan
8-10 bulan
Garlic Sprous
3-4 bulan
8-10 bulan
Tomato
1 bulan
6 bulan

Principle Diagram

Apabila anda mempunyai kebutuhan controlled atmosphere storage, silahkan menghubungi:

PT Kumpel Durat
Talavera Office Park 28th floor
Jl Letjend Simatupang kav.22-26
Jakarta 12430

PIC: Hafit Isandono
Phone: 021 7599 9876
Fax: 021 7599 9888
Email: hafit.isandono@kumpel.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar